Sunday, February 10, 2013

Dengan Bank Mandiri, tinggal di luar negeri bukan lagi halangan untuk bertransaksi

Januari tahun ini, kami sudah memasuki tahun ke-15 hidup di perantauan. Dari sekedar yang hanya akan berniat dua tahun saja merasakan hidup di luar negeri, ternyata akhirnya bisa selama itu, dan entah kapan akan menetap kembali ke Indonesia, kami tak tahu.
Januari 1999, adalah tahun pertama penugasan bagi suami saya yang bekerja di perminyakan, di Comodoro Rivadavia, Argentina, sebuah kota kecil hampir di ujung selatan benua Amerika. Sebagai keluarga muda yang baru menikmati kehidupan ekspatriasi yang pertama, kami sangat menikmati kehidupan baru. Segala pengeluaran belanja kami pikirkan dengan hati-hati. Mumpung bisa menabung, siapa tahu setelah dua tahun ditugaskan, kami bisa pulang dan pindah rumah ke tipe yang lebih besar dari yang kami punya.

Tahun demi tahun berlalu, takdir berbicara lain. Kami masih hidup di luar negeri, penugasan dari kantor selalu diperpanjang. Ternyata kami sudah hidup di lima negara, yang berada di empat benua berbeda. Syukurlah, dengan fasilitas kantor, kami bisa pulang ke Indonesia dua atau tiga kali dalam setahun. Akibatnya, hubungan batin kami dan anak-anak (yang lahir dan besar di luar) dengan kampung halaman masih kuat terjalin. Kemudahan berkomunikasi yang ditunjang oleh majunya perangkat teknologi, membuat hubungan saya dengan keluarga dekat, jauh, maupun teman-teman tetap terjaga. Tinggal di luar negeri, tak lagi merasa sendiri dan terisolasi.
Jejaring sosial yang ada saat ini, sangat membantu saya untuk tetap bisa update dengan keadaan keluarga dan teman. Bahkan sejak online shop (OS) mulai menjamur, saya jadi bisa mengikuti perkembangan mode di Indonesia, maupun buku-buku yang baru terbit.
Dulu, saya hanya bisa gigit jari saja. Kalaupun ada yang jualan yang menarik, paling saya hanya bisa berkomentar, semoga nanti bisa menemukannya di toko, ketika mudik. Tentu saja, jualan di online shop, tak selalu mudah didapat di toko tradisional. Mau minta saudara yang tinggal di Indonesia, untuk membelikan, tentulah akan merepotkan. Nah, sejak menjadi nasabah Bank Mandiri saya merasakan kemudahan yang luar biasa. Tinggal di luar negeri, bukan lagi halangan untuk bertransaksi. Saya  bisa berbelanja buku-buku baru, baju, kerudung (untuk dikirim ke alamat di Indonesia), atau bahkan hanya sekedar untuk memberi kejutan hadiah pada keponakan yang berulangtahun. Disaat mudik ke Indonesia, pada saat berbelanja saya banyak menggunakan fasilitas kartu debit mandiri. Kartu kredit dari negara tempat domisili kami, untuk sementara saya istirahatkan.

Saya adalah pengguna aktif  mandiri internet. Menu yang mudah dipahami, membuat saya merasa aman dan nyaman menggunakannya. Cukup memasukkan ID dan password untuk log in, kita akan bisa langsung bertransaksi dengan mengikuti menu-menu yang ada. Yang menyenangkan, setiap kali selesai transaksi, baik lewat internet maupun ATM, saya akan menerima notifikasi lewat email dan sms ke hp nomor telepon dari provider Indonesia, yang memang saya bawa ke luar negeri. Notifikasi itu membuat saya merasa lebih aman.
Tentu saja transaksi dari luar negeri tersebut tidak sekedar sempit digunakan untuk berbelanja saja. Ketika terjadi bencana di tanah air, kami yang tinggal di luar negeri tentu tak ingin tinggal diam. Disaat itulah, saya merasakan manfaat mempunyai rekening di Bank Mandiri tersebut. Teman-teman yang lain, mengumpulkan dana bersama-sama, dan menitipkan uangnya pada saya untuk ditransfer ke Indonesia. Bahkan saya beberapa kali dimintai tolong oleh teman-teman untuk mentransferkan dana bantuan pada saudaranya yang sedang kesulitan dana. Akhirnya rekening saya pun dimanfaatkan pula untuk membayarkan zakat dan sedekah baik dari pribadi maupun dari titipan teman-teman.
Transfer antar bank Mandiri yang bebas biaya, membuat saya berusaha untuk memilih bertransaksi dengan sesama pemilik rekening bank Mandiri. Kalaupun terpaksa harus bertransaksi dengan nasabah dari bank lain, biaya transfer dari bank Mandiri, ternyata cukup rendah.
Banyak hal lain yang menyebabkan saya bertambah mantap menjadi nasabah bank yang bermoto "Terdepan, terpercaya, tumbuh bersama anda" tersebut. Produk-produknya yang disediakan seiring dengan perkembangan waktu, mampu menjawab tuntutan kebutuhan masyarakat saat ini.

1.Mandiri KTA
Fasilitas Kredit Tanpa Agunan ini diberikan kepada seluruh WNI yang berdomisili di Indonesia, dengan penghasilan tetap minimum Rp 2.500.00,00 untuk yang berdomisili di Jabodetabek dan Bandung, serta minimum Rp 2.000.000,00 untuk yang berdomisili diluar Jabodetabek dan Bandung. Limit maksimal dari KTA adalah 5x gaji. Cukup dengan menunjukkan foto kopi KTP, slip gaji dan rekening tabungan, maka anda sudah bisa menikmati fasilitas ini. Selain tanpa agunan, kelebihan lain dari produk ini adalah cicilan yang ringan, jangka waktu kredit yang disediakan sampai 5 pilihan serta adanya Perlindungan Asuransi Jiwa. Produk ini sangat cocok dipakai ketika anda mempunyai kebutuhan mendesak yang tidak bisa menunggu waktu lagi. Anggota keluarga yang tiba-tiba sakit, dan membutuhkan dana yang cukup besar, sementara mungkin asuransi kesehatan tak dipunyai atau tak mencukupi. Besarnya biaya masuk sekolah, rumah yang perlu direnovasi segera, pembelian kendaraan atau sekedar membeli perabotan baru juga bisa ditangani dengan kredit ini.

Kredit Bebas Anggunan (sumber gambar: www.bankmandiri.co.id)

2.Mandiri KPR
Merupakan Kredit Pemilikan Rumah yang diberikan kepada perorangan untuk keperluan pembelian rumah/apartemen/ruko/rukan yang dijual melalui developer maupun non developer. Mandiri KPR ini memliki beragam fitur yang disediakan sesuai dengan kebutuhan anda. Keuntungan dari produk ini adalah suku bunga yang kompetitif, prosesnya yang cepat dan mudah, dengan uang muka ringan dan jangka waktu pembayaran bisa sampai dengan 15 tahun. Sebagai informasi, Bank Mandiri ,bekerja sama dengan lebih dari 350 proyek developer di seluruh Indonesia. Tentu saja layanan ini sangat membantu nasabah yang tinggal diberbagai kota yang memerlukan rumah tinggal dengan cara diangsur.

3.Mandiri Tabungan
Hanya dengan setoran awal sebesar Rp 500.000,00 anda sudah dapat mempunyai rekening Mandiri Tabungan. Pembukaan rekening, penyetoran maupun penarikan bisa dilakukan diseluruh Cabang Mandiri. Persyaratan untuk membuka rekening ini adalah KTP atau Surat Keterangan Domisili/ Surat Keterangan Kerja, apabila KTP anda berbeda lokasi dengan cabang tempat pembuatan rekening Mandiri Tabungan. Yang menarik, produk ini mempunyai layanan Autodebet untuk melakukan pembayaran rutin bulanan seperti air, listrik, handphone, maupun kartu kredit. Dengan memanfaatkan fasilitas ini, para nasabah yang sibuk,, akan sangat terbantu. Ada lagi  fasilitas Automatic Fund Transfer (ATF) yang memungkinkan nasabah untuk melakukan transfer rutin kepada keluarga atau rekan bisnis, sehingga kewajiban tidak terlalaikan. Ada lagi yang fasilitas yang membuat kartu ATM Mandiri saya selalu berada di dalam dompet, sekalipun saat ini saya tinggal di Moscow, Rusia. Mandiri Debit, bisa berfungsi sebagai kartu debit diseluruh merchant-merchant yang berlogo VISA, baik di dalam maupun di luar negeri. Sehingga, saat belanja pun, saya merasa nyaman, apabila kartu debit/kredit lokal dinegara saya tinggal mengalami masalah, ataupun  saya kehabisan uang cash, saya tetap mempunyai kartu cadangan yang bisa digunakan.

4.Mandiri Tabungan Rencana
Merupakan tabungan dengan setoran wajib bulanan yang memberikan ekstra perlindungan asuransi. Tujuan dari produk ini adalah untuk mempersiapkan masa depan yang lebih baik. Syarat dari penabung adalah berusia minimal 18 tahun dan maksimal 70 tahun pada Mandiri Tabungan Rencana jatuh tempo. Syarat lainnya, penabung memiliki Mandiri Tabungan atau Mandiri Giro. Nasabah bebas menentukan dan mengubah setoran bulanan dari Rp 100.000,00 atau US$ 10 perbulan. Yang sangat menarik, adalah adanya perlindungan asuransi gratis. Bank Mandiri bekerjasama dengan PT AXA Mandiri Financial Service, memberikan perlindungan bagi penabung hingga Rp 5 juta atau US$500 tiap bulannya. Tidak hanya itu, apabila terjadi Ketidakmampuan Tetap atau meninggal dunia, maka pihak asuransilah yang akan meneruskan membayar setoran rutin penabung, hingga jangak waktu yang ditentukan. Penabung kemudian akan mendapatkan tabungan beserta bunganya pada akhir jangka waktu tersebut.

5.Mandiri Kartu Kredit
Kartu Kredit Bank Mandiri memudahkan anda dalam berbagai transaksi. Ketika berbelanja, nasabah tak perlu lagi menenteng banyak uang cash, karena kartu kredit Mandiri, menjawab kebutuhan anda. Sebagai informasi, mempunyai beberapa macam fasilitas menarik yang ditawarkan, seperti power buy, power cash, power bills, power discounts, power points dan lain-lain. Adanya fasilitas tersebut memungkinkan kita membeli dengan cara mencicil, mendapatkan pinjaman cash, melakukan pembayaran, mendapatkan diskon belanja dan lain-lain.
Produk kartu Kredit ada beberapa macam, disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan nasabah. Everyday Card, merupakan kartu kredit pertama bagi pemegang kartu baru. Selain itu ada Kartu Kredit Gold dan Silver, Hypermart Card, Golf Card dll. Seluruh jenis kartu kredit mempunyai perlindungan Mandiri Protection, yang akan melindungi ahli waris dari kewajiban melunasi seluruh tagihan apabila pemegang kartu kredit meninggal dunia atau cacat tetap. Kartu Kredit Mandiri bekerja sama dengan dua jaringan internasional kartu kredit, yakni Visa dan Mastercard.
Fasilitas lain yang tak kalah menarik adalah mandiri memberikan fasilitas e-billing untuk informasi tagihan mandiri kartu kredit. Apabila nasabah memilih fasilitas ini, maka informasi tagihan akan dikirim melalui kanal elektronik seperti sms dan email. Dengan demikian penggunaan kertas bisa diminimalisasi. Sebuah langkah yang cukup menarik, untuk ikut serta berpartispasi dalam menyelamatkan bumi. Dengan demikian nasabah melalui Bank Mandiri ikut serta dalam program Go Green, Go Paperless. Sampah kertas akan berkurang, dan jumlah pohon yang ditebang juga akan berkurang.

Karena banyaknya keuntungan yang bisa diperoleh dengan menjadi nasabah Bank Mandiri , membuat saya tetap menjadi nasabah setia. Apapun keinginan saya, bank Mandiri solusinya. Persis seperti yang ditayangkan oleh video berikut ini.



.
Tulisan ini disertakan dalam lomba blog kontes Mandiri


19 comments:

  1. Wah mbak Atik, udah lama juga ya tinggal di luar negeri. pasti banyak pengalaman :)
    Gudlak ya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener, tadi kaget juga waktu ngitung-itung. Ternyata sudah lewat 14 tahun. Iya, suka duka hidup di perantauan lumayan banyak. Sekarang sih sudah tenang-tenang, dulu di awal-awal tahun, duh cukup mengharu biru... Terima kasih sudah mampir

      Delete
  2. Beda setahun nih mbak dengan saya merantaunya heheh. Mantap benar mba Atik, sangat inspiratif, sukses selalu untukmu ya mba sayang, Good luck <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kak Ifah sayang. Nah kan, gak terasa yaa... usia kita juga berarti sudah bertambah tua. Terima kasih sudah meninggalkan jejak disini. Salam sukses buat kak Ifah juga...

      Delete
  3. mantap ya Mbak... lebih dari 10 tahun... enaknya tinggal di luar negeri itu, perkawinan jadi lebih terasa manis dan terasa saling membutuhkan soul matenya dengan suami... gak enaknya, susah banget kalo mau sedekah, infaq dan zakat... hehehe.. karena disana fakir miskinnya gak jelas... aku idem dengan dirimu, ngerasa banget terbantu dengan layanan net banking...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak, keluarga inti, lebih erat dan terasa banget lebih kuat. Kalau pas lagi mudik, kita suka sibuk dengan urusan keluarga dll, anak-anak dibantu pengasuhannya oleh orang lain, jadi terasa lebih jauh ikatan batinnya. Malam saat mereka tidur, jad ada yang kurang, karena tidak tahu dengan detil tambahan kepandaian mereka hari itu apa, makannya seberapa banyak dll. BEtul, layanan net banking sangat membantu semua kebutuhanku. Mau transfer, tinggal klik saja. Terima kasih mbak Ade, sudah mampir

      Delete
  4. gutlak ya mbaaak... senangnya bs dapat kesempatan melihat luar negeri ^^.. banyak hikmah dan warna cerita yg pst bisa dibagi :)
    sy bukan pengguna mandiri jd ga bs ikut deh hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasiiih.... iya nih, mestinya saya lebih rajin lagi menulis. Di kepala ada buanyaakkk yang bisa diceritakan. Tinggal kemampuan mengasah agar bsia jadi menarik, bukan begitu mbak? Kalau sudah sekelas mbak Binta, apa saja, bisa menarik untuk ditulis.... Terima kasih supportnya. Sukses utk mb Binta

      Delete
  5. goodluck y, Bund

    betewe... suka lagunya Dewa ya... Terlalu Manis Untuk Dilupakan !

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahaaa, akhirnya ketebak. Lagunya selalu terngiang-ngiang di telinga nih....

      Delete
  6. Gutlak yah Mbak. Wah... udah 10 tahun, saya dari lahir sampai sekarang, tinggalnya masih di kota yang sama, bahkan daerah yang sama.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you mbak....lhah itu, saya juga gak ngerti, kok akhirnya ketiban sampur jadi nomaden gini. Pokoknya yg penting barokah mbak :)

      Delete
  7. bisa internet banking itu sangat membantu

    ReplyDelete
  8. Setuju banget. Tak terbayangkan kalau saat ini saya tak punya fasilitas itu dan harus balik lagi pakai transfer dari luar negeri ke Indonesia dengan jasa layanan lain. Sudah lebih lama, eh mahal diongkos pula

    ReplyDelete
  9. Hai mbak, ma tanya nih. Kalo setor tunai ke rekening mandiri nya bisa ngga ya disana? Atau kita transferin dari local bank di negara setempat?
    Mohon infonya ya. Thanks :)

    ReplyDelete
  10. Mba kan kalu mba,transfer2 or belanja2 dr luar negeri ke indonesia,gmn kalu sebaliknya apa bisa juga pake atm mandiri itu buat transaksi dari indonesia ke luar negeri??
    Saya mau pesan online gt ke luar negeri, tp bingung gmn caranya
    Tolong bantuannya ya mba

    ReplyDelete
  11. Quickbet88 Master Agen Judi Bola, casino online terpercaya Proses mudah dan cepat dengan minimal deposit hanya 50ribu anda sudah bisa taruhan bola dan raihlah keberuntungan anda hanya di agen Judi bola Quickbet88 atau bisa langsung chat melalui Customer Service Kami Di Live Chat, Melalui Website Quickbet88.com dan pin BBM 25B2B6D8 , Selalu Online 24 jam Untuk Para bettor yang Hobi Taruhan Bola Online, Ayo Tunggu Apalagi Buruan Bergabung Bersama Agen Judi Bola, casino Online Terpercaya. http://quickbet88.com atau di http://quickbet88.net

    ReplyDelete
  12. Mbak, saya ada rencana ke Moscow dan Saint Petersburg di APril 2017. Saya rencana akan tarik uang tunai Rubel di sana saja dengan Debit Mandiri. Apa mbak bisa rekomendasikan Bank mana aja yang bisa lakukan penarikan uang ? dan Maximum penarikan berapa ? Charge-nya juga berapa ? (mohon maaf banyak tanya, deg-degan baru kali ini mau ke Russia dan ngga nuker uang USD atau Rubel, hanya berharap dari ATM di Moscow).... Terima kasih. Salam dari Kepulauan Sangihe, perbatasan utara Indonesia

    ReplyDelete
  13. Kabar baik.

    Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com
    Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    ReplyDelete